ولقد ذرأنا لجهنم كثيرا من الجن والإنس لهم قلوب لا يفقهون بها ولهم أعين لا يبصرون بها ولهم آذان لا يسمعون بها أولئك كالأنعام بل هم أضل أولئك هم الغافلون

Sabtu, 10 Maret 2012

Mengenal Panel Adobe Photoshop CS3

 Panel merupakan jendela-jendela yang melayang di ruang kerja. Panel dapat dimunculkan dari menu Window.
a. Panel Layer Adobe Photoshop CS3
Panel Layer
menunjukkan semua layer yang ada di dalam lembar kerja Anda. Untuk urutannya, layer baru akan ditempatkan di atas layer yang sudah ada. Dengan Panel Layer, Anda dapat mengubah urutan layer, menghapus layer, membuat layer baru, membuat duplikasi dari layer yang sudah ada, dan menampilkan atau menyembunyikan layer.
Bagian-bagian Panel Layer
Gambar 3.5 Bagian-bagian Panel Layer
b. Panel History Adobe Photoshop CS3
Panel History
merupakan fasilitas untuk menyimpan status perubahan yang telah Anda lakukan terhadap sebuah tampilan lembar kerja. Dengan fasilitas Panel History, Anda dapat melakukan pembatalan perintah terhadap perintah yang telah Anda jalankan (undo).
Bagian-bagian Panel History
Gambar 3.6 Bagian-bagian Panel History
c. Panel Navigator Adobe Photoshop CS3
Panel Navigator
berisi thumbnail dari file gambar atau salah satu bagian dari gambar yang sedang Anda kerjakan. Dengan menggunakan fasilitas Panel Navigator ini, Anda dapat mengubah besar kecilnya tampilan lembar kerja dengan menggunakan fasilitas Zoom Slinder yang terdapat di bagian bawah jendela Panel Navigator.
Bagian-bagian Panel Navigator
Gambar 3.7 Bagian-bagian Panel Navigator
d. Panel Swatches Adobe Photoshop CS3
Panel Swatches
merupakan sebuah tabel warna untuk mengolah warna dari gambar yang Anda buka.
Bagian-bagian Panel Swatches
Gambar 3.8 Bagian-bagian Panel Swatches
e. Panel Color Adobe Photoshop CS3
Anda dapat mengatur warna foreground maupun background dengan menggunakan fasilitas Panel Color, berdasarkan kombinasi warna yang telah Anda tentukan sendiri. Aktifkan pilihan set Foreground Color untuk menentukan warna foreground, dan aktifkan pilihan Set Background Color untuk menentukan warna background.
Bagian-bagian Panel Color
Gambar 3.9 Bagian-bagian Panel Color
f. Panel Styles Adobe Photoshop CS3
Panel Styles
menyediakan beberapa tampilan style yang secara default disediakan oleh Adobe Photoshop. Style ini dapat digunakan pada objek, seperti teks, shape, dan layer yang ada di dalam lembar kerja. Anda juga dapat mengubah pilihan style ke beberapa bentuk style yang ada dengan cara mengklik tombol menu yang terdapat di kanan atas jendela Panel Style hingga muncul tampilan beberapa menu pilihan style.
Bagian-bagian Panel Styles
Gambar 3.10 Bagian-bagian Panel Styles
g. Workspace Adobe Photoshop CS3
Peranti ini merupakan tampilan baru Adobe Photoshop CS3 yang berfungsi mengatur tampilan jendela kerja. Anda dapat mengatur tampilan panel sesuai dengan kebutuhan kerja Anda dengan tombol Workspace. Photoshop hanya akan menampilkan panel-panel yang diperlukan, sesuai dengan kategori tampilan kerja yang Anda pilih. Anda juga dapat mengatur tampilan lembar kerja ke posisi default dengan menggunakan pilihan Default Workspace. Tombol Workspace terletak di dalam Optionbar.

Tidak ada komentar: