ولقد ذرأنا لجهنم كثيرا من الجن والإنس لهم قلوب لا يفقهون بها ولهم أعين لا يبصرون بها ولهم آذان لا يسمعون بها أولئك كالأنعام بل هم أضل أولئك هم الغافلون

Rabu, 19 April 2017

Bab VIII



KISAH TELADAN NABI YUSUF AS

1. Saudara-Saudara Yusuf Melakukan Pertemuan Rahasia
Saudara Yusuf iri kepada Yusuf dan adiknya Benyamin. Sehingga merencakan perbuatan jahat terhadap Yusuf, yaitu ingin menyingkirkan Yusuf dari kehidupan Nabi Ya’qub
2. Nabi Yusuf Bermimpi
Nabi Yusuf melihat dalam mimpinya seakan-akan sebelas bintang, matahari dan bulan yang berada di langit turun dan sujud di depannya. Terburu-buru setelah bangun dari tidurnya, ia datang menghampiri ayahnya, menceritakan kepadanya apa yang ia lihat dan alami dalam mimpi. Mimpi tersebut adalah mimpi yang baik bagi masa depan Yusuf kelak.
3. Yusuf Dimasukkan ke dalam Sumur
Niat suadara-saudara Yusuf betul-betul direalisasikan. Yusuf diajak bermain dijual di pasar sebagai hamba sahaaya. Yusuf dibeli oleh seorang pejabat kerajaan. Ia hidup bersama pejabat tersebut. Ketika besar Yusuf digoda oleh pejabat tersebut mengetahui siapa yang salah. Di dalam penjara ia bersama dua pemuda yang dipenjara. Saat berikutnya Nabi Yusuf dibebaskan dari penjara berkat kemampuannya mentakbir mimpi raja.
4. Yusuf Diangkat Sebagai Wakil Raja Mesir
Kecerdasan otak Nabi Yusuf, pengetahuannya yang luas, kesabaran, kejujurannya, keramah-tamahannya dan akhlak serta budi pekerti luhurnya, Yusuf diserahi pimpinan negara dan rakyat. Maka kepada Nabi Yusuf dalam pertemuan pertamanya dengan Raja ditawarkan agar ia tinggal di istana mewakili Raja menyelenggarakan pemerintahan serta pengurusan negara serta memimpin rakyat Mesir yang diramalkan akan menghadapi masa-masa sukar dan sulit.
5. Pertemuan Yusuf dengan Saudara-Saudaranya dan Ayahnya
Setelah melalui perjalanan hidup panjang, Yusuf berpisah dengan ayah tercintanya dan adiknya yang bernama Benyamin serta saudara-saudaranya yang dulu iri dan mencelakakannya, akhirnya Yusuf dipertemuan oleh Allah. Akhirnya mereka berkumpul kembali.
6. Ibrahim Atau Pelajaran yang didapat Dari Kisah Nabi Yusuf A.S.
1. Bahwasanya penderitaan seseorang yang nampaknya merupakan suatu musibah dan bencana, pada hakikatnya dalam banyak hal bahkan merupakan rahmat.
2. Nabi Yusuf telah memberi contoh dan teladan bagi kemurnian jiwanya dan keteguhan hatinya tatkala menghadapi godaan Zulaikha
3. Nabi Yusuf memberi contoh tentang sifat seorang kesatria yang enggan dikeluarkan dari penjara sebelum persoalannya dengan Zulaikha dijernihkan.
4. Suatu sifat utama pembawaan jiwa besar, Nabi Yusuf tidak melakukan pembalasan karena mereka melemparnya ke dalam sebuah sumur
5. Nabi Yusuf orang yang cerdas, jujur dan amanah. Sifat-sifat utama inilah yang harus dimiliki oleh kita semua.

Tidak ada komentar: